MK. SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN
|
|
(Dr. Iskandarsyah Madjid, SE, MM)
|
Pertanyaan
Ulasan (Perniagaan Elektronik : Pasar Digital, Barang Digital)
1. Apa saja fitur unik dari perniagaan elektronik,
pasar digital dan barang digital?
Nama dan menguraikan empat tren
bisnis dan tiga tren teknologi membentuk perniagaan elektronik saat ini :
a. Tren bisnis : (1) pasar online; (2) wisata
Online; (3) perangkat lunak jejaring sosial dan situs seperti facebook,
twitter, dan lain-lain menjadi sebuah platform baru yang besar untuk perniagaan
elektronik, pemasaran dan periklanan; dan (4) perniagaan elektronik bergerak.
b. Tren Teknologi : (1) koneksi internet
nirkabel (Wi-fi, WiMax dan ponsel pintar 3G/4G); (2) internet berbasis model
baru komputasi, seperti komputasi awan, perangkat lunak sebagai layanan, dan
Web 2.0 software; dan (3) Powerfull perangkat musik genggam selular dukungan,
web surfing, dan hiburan serta suara, komunikasi.
Daftar dan menggambarkan delapan
fitur unik dari perniagaan elektronik :
Teknologi Dimensi perniagaan
elektronik
Deskripsi
Ubiquity
Internet/web teknologi yang
tersedia di mana-mana
Jangkauan Global
Teknologi ini mencapai melintasi
batas-batas nasional, mengelilingi bumi
Standar Universal
Ada satu set standar teknologi,
yaitu standar internet
Kesempurnaan
Video, audio, pesan teks yang
mungkin
Interaktivitas
Teknologi ini bekerja melalui
interaksi dengan pengguna
Informasi Density
Teknologi ini mengurangi biaya
informasi dan meningkatkan kualitas
Personalisasi / Kustomisasi
Teknologi ini memungkinkan pesan
pribadi untuk disampaikan kepada individu maupun kelompok
Teknologi Sosial
Konten generasi pengguna dan
jaringan sosial
Tentukan pasar digital dan barang
digital dan menggambarkan ciri khas mereka
Di pasar digital, konsumen dan
pemasok dapat "melihat" harga yang dikenakan untuk barang, dan dalam
arti bahwa pasar digital dikatakan lebih "transparan" daripada pasar
tradisional.
Internet pasar digital telah memperluas
penjualan barang digital. Barang digital adalah barang yang dapat dikirimkan
melalui jaringan digital, seperti musik, lagu, video, film, perangkat lunak,
majalah, koran, dan buku.
Digital Pasar
Pasar Tradisional
Informasi Asimetri
Asimetri berkurang
Asimetri tinggi
Biaya Pencarian
Rendah
Tinggi
Biaya Transaksi
Rendah (kadang-kadang hampir
tidak ada)
Tinggi (waktu, perjalanan)
Gratifikasi Tertunda
Tinggi (atau lebih rendah dalam
kasus barang digital)
Turunkan; membeli sekarang
Biaya menu
Rendah
Tinggi
Dinamis Lanjut
Biaya rendah, Instan
Biaya tinggi, tertunda
Diskriminasi Harga
Biaya rendah, Instan
Biaya tinggi, tertunda
Segmentasi Pasar
Biaya rendah, presisi moderat
Biaya tinggi, kurang presisi
Switching Biaya
Lebih Tinggi/Rendah (tergantung
pada karakteristik produk)
Tinggi
Efek jaringan
Kuat
Melemah
Disintermediasi
Lebih mungkin/kemungkinan
Kurang mungkin/tidak mungkin
Barang digital
Barang Tradisional
Biaya marjinal/unit
Nol
Lebih besar dari nol, tinggi
Biaya produksi
Tinggi (sebagian besar biaya)
Variabel
Menyalin biaya
Sekitar nol
Lebih besar dari nol, tinggi
Biaya pengiriman Terdistribusi
Rendah
Tinggi
Biaya persediaan
Rendah
Tinggi
Biaya pemasaran
Variabel
Variabel
Lanjut
Lebih variabel
Tetap, didasarkan pada biaya unit
2. Apa bisnis perniagaan elektronik utama dan
model pendapatan?
Nama dan menggambarkan perniagaan
elektronik model bisnis utama
Kategori
Deskripsi
E-tailer
Menjual produk fisik secara
langsung kepada konsumen atau bisnis individu
Broker Transaksi
Menghemat uang dan waktu pengguna
dengan memproses transaksi penjualan online dan menghasilkan biaya setiap kali
transaksi terjadi
Pencipta Pasar
Menyediakan lingkungan digital di
mana pembeli dan penjual dapat bertemu, mencari produk, produk display, dan
menetapkan harga untuk produk mereka.
Content Provider
Menciptakan pendapatan dengan
menyediakan konten digital. Pelanggan dapat membayar untuk mengakses konten,
atau pendapatan dapat dihasilkan dengan menjual ruang iklan
Penyedia masyarakat
Menyediakan tempat pertemuan
online di mana orang-orang dengan minat yang sama dapat berkomunikasi dan
mencari informasi yang berguna
Pintu gerbang
Menyediakan titik awal atau masuk
ke web bersama dengan konten khusus dan layanan lainnya
Service Provider
Menyediakan aplikasi web 2.0
seperti berbagi foto, berbagi video. Menyediakan layanan lain seperti
penyimpanan data online dan cadangan.
Nama dan menggambarkan model
pendapatan perniagaan elektronik :
Kategori
Deskripsi
Pendapatan Iklan Model
Sebuah situs web menghasilkan
pendapatan dengan menarik penonton besar pengunjung yang kemudian dapat terkena
iklan
Pendapatan Penjualan Model
Perusahaan memperoleh pendapatan
dengan menjual barang, informasi, atau jasa kepada pelanggan.
Berlangganan Pendapatan Model
Sebuah situs web yang menawarkan
konten atau layanan mengenakan biaya berlangganan untuk akses ke beberapa atau
semua penawarannya secara berkelanjutan
Gratis/Model Premi Pendapatan
Perusahaan menawarkan layanan
dasar atau konten secara gratis, sementara pengisian premi untuk fitur-fitur
canggih atau khusus
Transaksi Biaya Pendapatan Model
Sebuah perusahaan menerima biaya
untuk mengaktifkan atau mengeksekusi transaksi
Afiliasi Pendapatan Model
Situs web mengirimkan pengunjung
ke situs web lain dengan imbalan fee referensi atau persentase dari pendapatan
dari setiap penjualan yang dihasilkan.
3. Bagaimana perniagaan elektronik mengubah pemasaran?
Jelaskan bagaimana jaringan
sosial dan "wisdom of crowds" membantu perusahaan meningkatkan
pemasaran mereka
Situs jejaring sosial dan
komunitas online menawarkan kemungkinan baru untuk perniagaan elektronik. Situs
jejaring sosial menghubungkan orang melalui bisnis yang saling menguntungkan
mereka atau hubungan pribadi, memungkinkan mereka untuk menambang teman-teman
mereka untuk penjualan memimpin, kiat mencari pekerjaan, atau teman-teman baru.
Dalam pemasaran, kebijaksanaan
konsep massa menunjukkan bahwa perusahaan harus berkonsultasi dengan ribuan
pelanggan pertama mereka sebagai cara untuk membangun hubungan dengan mereka,
dan kedua, untuk lebih memahami bagaimana produk dan layanan mereka digunakan
dan dihargai (atau ditolak). Aktif meminta komentar dari pelanggan Anda
membangun kepercayaan dan mengirim pesan ke pelanggan Anda bahwa Anda peduli
apa yang mereka pikirkan, dan bahwa Anda perlu nasihat mereka.
Tentukan penargetan perilaku dan
menjelaskan cara kerjanya di situs web individu dan jaringan periklanan
Perilaku penargetan mengacu pada
pelacakan klik-aliran individu pada ribuan situs web untuk tujuan memahami
minat dan niat mereka, dan mengekspos mereka untuk iklan yang unik cocok untuk
perilaku mereka.
Semua situs web mengumpulkan data
tentang aktivitas peramban pengunjung dan menyimpannya dalam database. Mereka
juga merekam halaman tertentu dikunjungi pada situs tertentu, waktu yang
dihabiskan pada setiap halaman situs, jenis halaman yang dikunjungi, dan apa
yang pengunjung dibeli. Perusahaan menganalisis informasi tentang minat
pelanggan dan perilaku untuk mengembangkan profil yang tepat dari pelanggan yang
ada dan potensial.
Jaringan periklanan menciptakan
jaringan beberapa ribu situs web yang paling populer dikunjungi oleh jutaan
orang, melacak perilaku para pengguna di seluruh jaringan, profil masing-masing
pengguna bangunan, dan kemudian menjual profil tersebut kepada pengiklan.
4. Bagaimana perniagaan elektronik mempengaruhi bisnis untuk
transaksi bisnis?
Jelaskan bagaimana teknologi
internet mendukung bisnis ke bisnis perniagaan elektronik :
Bisnis ke bisnis perniagaan
elektronik mengacu pada transaksi komersial yang terjadi antara perusahaan
bisnis. Semakin, transaksi tersebut mengalir melalui berbagai mekanisme
internet-enabled yang berbeda. Sekitar 80 persen dari B2B secara online
perniagaan elektronik masih didasarkan pada sistem hak milik untuk pertukaran data
elektronik (EDI). EDI memungkinkan komputer untuk bertukar komputer antara dua
organisasi transaksi standar seperti faktur, daftar muatan kapal, jadwal pengiriman,
dan pesanan pembelian. Transaksi secara otomatis dikirim dari satu sistem
informasi yang lain melalui jaringan, menghilangkan pencetakan dan penanganan
kertas di salah satu ujung dan memasukkan data pada yang lain.
Mendefinisikan dan menggambarkan
pasar bersih dan menjelaskan bagaimana mereka berbeda dari jaringan industri
swasta
Pasar bersih, yang kadang-kadang
disebut e-hub, menyediakan satu pasar digital berbasis teknologi internet bagi
banyak pembeli dan penjual yang berbeda. Mereka adalah industri yang dimiliki
atau beroperasi sebagai perantara independen antara pembeli dan penjual.
Jaringan industri swasta, juga dikenal sebagai pertukaran swasta independen
dimiliki pasar bersih pihak ketiga yang menghubungkan ribuan pemasok dan
pembeli untuk pembelian spot. Banyak pertukaran menyediakan pasar vertikal
untuk industri saja, seperti makanan, elektronik, atau peralatan industri, dan
mereka terutama berurusan dengan input langsung.
5. Apa peran sistem perdagangan elektronik dalam bisnis, apa yang
paling penting aplikasi sistem perdagangan elektronik?
Daftar dan menjelaskan jenis penting
dari layanan dan aplikasi sistem perdagangan elektronik
Jenis sistem perdagangan
elektronik
Deskripsi
Layanan Berbasis Lokasi
“wikitude.me” menyediakan jenis
khusus browser untuk ponsel pintar yang dilengkapi dengan built-in global
positioning system (GPS) dan kompas yang dapat mengidentifikasi lokasi yang
tepat dan di mana ponsel menunjuk
Perbankan dan Jasa Keuangan
Bank dan perusahaan kartu kredit
meluncurkan layanan yang memungkinkan pelanggan mengelola akun mereka dari
perangkat bergerak mereka
Iklan nirkabel dan Ritel
Meskipun iklan bergerak saat ini
kecil, sedang berkembang pesat, karena semakin banyak perusahaan mencari cara
untuk mengeksploitasi database informasi baru spesifik lokasi
Game dan Hiburan
Ponsel telah berkembang menjadi
platform hiburan portabel. Smartphone menawarkan download game dan mengepul
digital, film, acara TV, musik, dan nada dering
Jelaskan beberapa hambatan untuk perniagaan
elektronik :
a. Kesalahpahaman tujuan bisnis
b. Salah teknologi alternatif untuk mencapai
keberatan bisnis
6. Isu apa harus diatasi ketika membangun sebuah
situs web perniagaan elektronik?
Daftar dan menjelaskan
masing-masing faktor yang masuk ke pembangunan sebuah situs web perniagaan
elektronik
a. Potongan dari teka-teki situs-bangunan
Pertama, Anda harus menyadari
bidang utama di mana Anda akan perlu untuk membuat keputusan. Pada organisasi
dan sumber daya manusia bidang, Anda harus mempertemukan tim individu yang
memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk membangun dan mengelola sebuah situs perniagaan
elektronik yang sukses. Anda juga akan perlu untuk membuat keputusan tentang
hardware situs Anda, perangkat lunak, dan infrastruktur telekomunikasi
permintaan pelanggan Anda harus mendorong pilihan Anda teknologi. Anda juga
harus hati-hati mempertimbangkan desain situs Anda. Sekali Anda telah
mengidentifikasi area keputusan utama, Anda akan perlu untuk berpikir tentang
rencana untuk proyek tersebut.
b. Sasaran bisnis, fungsi sistem, dan kebutuhan
informasi
Dalam merencanakan situs web Anda,
Anda harus mengidentifikasi tujuan bisnis yang spesifik untuk situs Anda, dan
kemudian mengembangkan daftar fungsi sistem dan kebutuhan informasi. Sasaran
bisnis hanya kemampuan Anda ingin situs Anda untuk memiliki. Sistem fungsi
adalah jenis kemampuan sistem informasi yang Anda perlukan untuk mencapai
tujuan bisnis Anda. Kebutuhan informasi untuk sistem adalah elemen informasi
bahwa sistem harus menghasilkan untuk mencapai tujuan bisnis.
c. Membangun situs web, di dalam rumah
dibandingkan outsourcing
Ada banyak pilihan untuk membangun
dan memelihara situs web. Banyak tergantung pada berapa banyak uang yang Anda
bersedia untuk menghabiskan. Pilihan berkisar dari outsourcing seluruh web
pengembangan situs untuk vendor eksternal untuk membangun segala sesuatunya
sendiri (in-house). Anda juga memiliki keputusan kedua untuk membuat, akan Anda
meng-host situs pada server perusahaan Anda sendiri atau akan Anda Outsource
hosting ke penyedia situs web? Ada beberapa vendor yang akan merancang,
membangun, dan host situs Anda, sementara lainnya baik akan membangun atau host
(tapi tidak keduanya).
Daftar dan menjelaskan empat
tujuan bisnis, empat fungsi sistem, dan empat kebutuhan informasi dari sebuah
situs web yang khas perniagaan elektronik
Bisnis Tujuan
Fungsi Sistem
Informasi Kebutuhan
Tampilan barang
Katalog digital
Teks dinamis dan katalog grafis
Memberikan informasi produk
Produk database
Deskripsi produk, nomor kaus,
tingkat persediaan
Personalisasi produk
Pelanggan pelacakan di tempat
Log situs untuk setiap kunjungan
pelanggan, kemampuan data mining untuk mengidentifikasi jalur pelanggan umum
dan tanggapan yang sesuai
Jalankan pembayaran transaksi
Shopping cart / sistem pembayaran
Aman kliring kartu kredit,
beberapa pilihan
Kumpulkan informasi pelanggan
Database pelanggan
Nama, alamat, telepon, email
untuk semua pelanggan
Menyediakan dukungan pelanggan
purna jual
Database Penjualan dan CRM
ID pelanggan, produk, tanggal,
pembayaran, tanggal pengiriman
Mengkoordinasikan pemasaran /
periklanan
Ad-server, email server, email,
dan spanduk manajer
Perilaku situs log prospek dan
pelanggan terkait dengan email dan kampanye iklan banner
Memahami efektivitas pemasaran
Pelacakan situs dan sistem
pelaporan
Jumlah pengunjung unik, halaman
yang dikunjungi, produk yang dibeli, diidentifikasi oleh kampanye pemasaran
Menyediakan produksi dan pemasok
Link
Sistem manajemen persediaan
Tingkat produk dan persediaan,
pemasok ID dan kontak, data pesanan kuantitas dengan produk
Daftar dan menjelaskan setiap
opsi untuk membangun dan hosting situs web perniagaan elektronik
Deskripsi
Benar-benar di rumah
Ada berbagai pilihan. Kecuali
Anda cukup terampil, Anda harus menggunakan template pre-built untuk membuat
situs web.
Tanggung jawab Campuran
Membangun : Out
Host : Dalam
Tanggung jawab Campuran
Build : Dalam
Host : Out
Benar outsourcing
Sebagian besar perusahaan
membayar sebuah perusahaan untuk membangun dan host situs web mereka, yang
berarti bahwa perusahaan hosting bertanggung jawab untuk memastikan situs
adalah "hidup" atau dapat diakses, 24 jam sehari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar