Selasa, 16 Juli 2013

Ulasan Pertanyaan Perniagaan Elektronik : Pasar Digital & Barang Digital


MK. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
(Dr. Iskandarsyah Madjid, SE, MM)

Pertanyaan Ulasan (Perniagaan Elektronik : Pasar Digital, Barang Digital)

1. Apa saja fitur unik dari perniagaan elektronik, pasar digital dan barang digital?
Nama dan menguraikan empat tren bisnis dan tiga tren teknologi membentuk perniagaan elektronik saat ini :
a.   Tren bisnis : (1) pasar online; (2) wisata Online; (3) perangkat lunak jejaring sosial dan situs seperti facebook, twitter, dan lain-lain menjadi sebuah platform baru yang besar untuk perniagaan elektronik, pemasaran dan periklanan; dan (4) perniagaan elektronik bergerak.

b.   Tren Teknologi : (1) koneksi internet nirkabel (Wi-fi, WiMax dan ponsel pintar 3G/4G); (2) internet berbasis model baru komputasi, seperti komputasi awan, perangkat lunak sebagai layanan, dan Web 2.0 software; dan (3) Powerfull perangkat musik genggam selular dukungan, web surfing, dan hiburan serta suara, komunikasi.

Daftar dan menggambarkan delapan fitur unik dari perniagaan elektronik :
Teknologi Dimensi perniagaan elektronik
Deskripsi
Ubiquity
Internet/web teknologi yang tersedia di mana-mana
Jangkauan Global
Teknologi ini mencapai melintasi batas-batas nasional, mengelilingi bumi
Standar Universal
Ada satu set standar teknologi, yaitu standar internet
Kesempurnaan
Video, audio, pesan teks yang mungkin
Interaktivitas
Teknologi ini bekerja melalui interaksi dengan pengguna
Informasi Density
Teknologi ini mengurangi biaya informasi dan meningkatkan kualitas
Personalisasi / Kustomisasi
Teknologi ini memungkinkan pesan pribadi untuk disampaikan kepada individu maupun kelompok
Teknologi Sosial
Konten generasi pengguna dan jaringan sosial

Tentukan pasar digital dan barang digital dan menggambarkan ciri khas mereka
Di pasar digital, konsumen dan pemasok dapat "melihat" harga yang dikenakan untuk barang, dan dalam arti bahwa pasar digital dikatakan lebih "transparan" daripada pasar tradisional.
Internet pasar digital telah memperluas penjualan barang digital. Barang digital adalah barang yang dapat dikirimkan melalui jaringan digital, seperti musik, lagu, video, film, perangkat lunak, majalah, koran, dan buku.

Digital Pasar
Pasar Tradisional
Informasi Asimetri
Asimetri berkurang
Asimetri tinggi
Biaya Pencarian

Rendah
Tinggi
Biaya Transaksi
Rendah (kadang-kadang hampir tidak ada)
Tinggi (waktu, perjalanan)
Gratifikasi Tertunda
Tinggi (atau lebih rendah dalam kasus barang digital)
Turunkan; membeli sekarang
Biaya menu
Rendah
Tinggi
Dinamis Lanjut
Biaya rendah, Instan
Biaya tinggi, tertunda
Diskriminasi Harga
Biaya rendah, Instan
Biaya tinggi, tertunda
Segmentasi Pasar
Biaya rendah, presisi moderat
Biaya tinggi, kurang presisi
Switching Biaya
Lebih Tinggi/Rendah (tergantung pada karakteristik produk)
Tinggi
Efek jaringan
Kuat
Melemah
Disintermediasi
Lebih mungkin/kemungkinan
Kurang mungkin/tidak mungkin

Barang digital
Barang Tradisional
Biaya marjinal/unit
Nol
Lebih besar dari nol, tinggi
Biaya produksi
Tinggi (sebagian besar biaya)
Variabel
Menyalin biaya
Sekitar nol
Lebih besar dari nol, tinggi
Biaya pengiriman Terdistribusi
Rendah
Tinggi
Biaya persediaan
Rendah
Tinggi
Biaya pemasaran
Variabel
Variabel
Lanjut
Lebih variabel
Tetap, didasarkan pada biaya unit

2. Apa bisnis perniagaan elektronik utama dan model pendapatan?
Nama dan menggambarkan perniagaan elektronik model bisnis utama
Kategori
Deskripsi
E-tailer
Menjual produk fisik secara langsung kepada konsumen atau bisnis individu
Broker Transaksi
Menghemat uang dan waktu pengguna dengan memproses transaksi penjualan online dan menghasilkan biaya setiap kali transaksi terjadi
Pencipta Pasar
Menyediakan lingkungan digital di mana pembeli dan penjual dapat bertemu, mencari produk, produk display, dan menetapkan harga untuk produk mereka.
Content Provider
Menciptakan pendapatan dengan menyediakan konten digital. Pelanggan dapat membayar untuk mengakses konten, atau pendapatan dapat dihasilkan dengan menjual ruang iklan
Penyedia masyarakat
Menyediakan tempat pertemuan online di mana orang-orang dengan minat yang sama dapat berkomunikasi dan mencari informasi yang berguna
Pintu gerbang
Menyediakan titik awal atau masuk ke web bersama dengan konten khusus dan layanan lainnya
Service Provider
Menyediakan aplikasi web 2.0 seperti berbagi foto, berbagi video. Menyediakan layanan lain seperti penyimpanan data online dan cadangan.

Nama dan menggambarkan model pendapatan perniagaan elektronik :
Kategori
Deskripsi
Pendapatan Iklan Model
Sebuah situs web menghasilkan pendapatan dengan menarik penonton besar pengunjung yang kemudian dapat terkena iklan
Pendapatan Penjualan Model
Perusahaan memperoleh pendapatan dengan menjual barang, informasi, atau jasa kepada pelanggan.
Berlangganan Pendapatan Model
Sebuah situs web yang menawarkan konten atau layanan mengenakan biaya berlangganan untuk akses ke beberapa atau semua penawarannya secara berkelanjutan
Gratis/Model Premi Pendapatan
Perusahaan menawarkan layanan dasar atau konten secara gratis, sementara pengisian premi untuk fitur-fitur canggih atau khusus
Transaksi Biaya Pendapatan Model
Sebuah perusahaan menerima biaya untuk mengaktifkan atau mengeksekusi transaksi
Afiliasi Pendapatan Model
Situs web mengirimkan pengunjung ke situs web lain dengan imbalan fee referensi atau persentase dari pendapatan dari setiap penjualan yang dihasilkan.

3. Bagaimana perniagaan elektronik mengubah pemasaran?
Jelaskan bagaimana jaringan sosial dan "wisdom of crowds" membantu perusahaan meningkatkan pemasaran mereka
Situs jejaring sosial dan komunitas online menawarkan kemungkinan baru untuk perniagaan elektronik. Situs jejaring sosial menghubungkan orang melalui bisnis yang saling menguntungkan mereka atau hubungan pribadi, memungkinkan mereka untuk menambang teman-teman mereka untuk penjualan memimpin, kiat mencari pekerjaan, atau teman-teman baru.
Dalam pemasaran, kebijaksanaan konsep massa menunjukkan bahwa perusahaan harus berkonsultasi dengan ribuan pelanggan pertama mereka sebagai cara untuk membangun hubungan dengan mereka, dan kedua, untuk lebih memahami bagaimana produk dan layanan mereka digunakan dan dihargai (atau ditolak). Aktif meminta komentar dari pelanggan Anda membangun kepercayaan dan mengirim pesan ke pelanggan Anda bahwa Anda peduli apa yang mereka pikirkan, dan bahwa Anda perlu nasihat mereka.
  
Tentukan penargetan perilaku dan menjelaskan cara kerjanya di situs web individu dan jaringan periklanan
Perilaku penargetan mengacu pada pelacakan klik-aliran individu pada ribuan situs web untuk tujuan memahami minat dan niat mereka, dan mengekspos mereka untuk iklan yang unik cocok untuk perilaku mereka.
Semua situs web mengumpulkan data tentang aktivitas peramban pengunjung dan menyimpannya dalam database. Mereka juga merekam halaman tertentu dikunjungi pada situs tertentu, waktu yang dihabiskan pada setiap halaman situs, jenis halaman yang dikunjungi, dan apa yang pengunjung dibeli. Perusahaan menganalisis informasi tentang minat pelanggan dan perilaku untuk mengembangkan profil yang tepat dari pelanggan yang ada dan potensial.
Jaringan periklanan menciptakan jaringan beberapa ribu situs web yang paling populer dikunjungi oleh jutaan orang, melacak perilaku para pengguna di seluruh jaringan, profil masing-masing pengguna bangunan, dan kemudian menjual profil tersebut kepada pengiklan.

4. Bagaimana perniagaan elektronik mempengaruhi bisnis untuk transaksi bisnis?
Jelaskan bagaimana teknologi internet mendukung bisnis ke bisnis perniagaan elektronik :
Bisnis ke bisnis perniagaan elektronik mengacu pada transaksi komersial yang terjadi antara perusahaan bisnis. Semakin, transaksi tersebut mengalir melalui berbagai mekanisme internet-enabled yang berbeda. Sekitar 80 persen dari B2B secara online perniagaan elektronik masih didasarkan pada sistem hak milik untuk pertukaran data elektronik (EDI). EDI memungkinkan komputer untuk bertukar komputer antara dua organisasi transaksi standar seperti faktur, daftar muatan kapal, jadwal pengiriman, dan pesanan pembelian. Transaksi secara otomatis dikirim dari satu sistem informasi yang lain melalui jaringan, menghilangkan pencetakan dan penanganan kertas di salah satu ujung dan memasukkan data pada yang lain.

Mendefinisikan dan menggambarkan pasar bersih dan menjelaskan bagaimana mereka berbeda dari jaringan industri swasta
Pasar bersih, yang kadang-kadang disebut e-hub, menyediakan satu pasar digital berbasis teknologi internet bagi banyak pembeli dan penjual yang berbeda. Mereka adalah industri yang dimiliki atau beroperasi sebagai perantara independen antara pembeli dan penjual. Jaringan industri swasta, juga dikenal sebagai pertukaran swasta independen dimiliki pasar bersih pihak ketiga yang menghubungkan ribuan pemasok dan pembeli untuk pembelian spot. Banyak pertukaran menyediakan pasar vertikal untuk industri saja, seperti makanan, elektronik, atau peralatan industri, dan mereka terutama berurusan dengan input langsung.

5. Apa peran sistem perdagangan elektronik dalam bisnis, apa yang paling penting aplikasi sistem perdagangan elektronik?
Daftar dan menjelaskan jenis penting dari layanan dan aplikasi sistem perdagangan elektronik
Jenis sistem perdagangan elektronik
Deskripsi
Layanan Berbasis Lokasi
“wikitude.me” menyediakan jenis khusus browser untuk ponsel pintar yang dilengkapi dengan built-in global positioning system (GPS) dan kompas yang dapat mengidentifikasi lokasi yang tepat dan di mana ponsel menunjuk
Perbankan dan Jasa Keuangan
Bank dan perusahaan kartu kredit meluncurkan layanan yang memungkinkan pelanggan mengelola akun mereka dari perangkat bergerak mereka
Iklan nirkabel dan Ritel
Meskipun iklan bergerak saat ini kecil, sedang berkembang pesat, karena semakin banyak perusahaan mencari cara untuk mengeksploitasi database informasi baru spesifik lokasi
Game dan Hiburan
Ponsel telah berkembang menjadi platform hiburan portabel. Smartphone menawarkan download game dan mengepul digital, film, acara TV, musik, dan nada dering

Jelaskan beberapa hambatan untuk perniagaan elektronik :
a. Kesalahpahaman tujuan bisnis
b. Salah teknologi alternatif untuk mencapai keberatan bisnis

6. Isu apa harus diatasi ketika membangun sebuah situs web perniagaan elektronik?
Daftar dan menjelaskan masing-masing faktor yang masuk ke pembangunan sebuah situs web perniagaan elektronik
a. Potongan dari teka-teki situs-bangunan
Pertama, Anda harus menyadari bidang utama di mana Anda akan perlu untuk membuat keputusan. Pada organisasi dan sumber daya manusia bidang, Anda harus mempertemukan tim individu yang memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk membangun dan mengelola sebuah situs perniagaan elektronik yang sukses. Anda juga akan perlu untuk membuat keputusan tentang hardware situs Anda, perangkat lunak, dan infrastruktur telekomunikasi permintaan pelanggan Anda harus mendorong pilihan Anda teknologi. Anda juga harus hati-hati mempertimbangkan desain situs Anda. Sekali Anda telah mengidentifikasi area keputusan utama, Anda akan perlu untuk berpikir tentang rencana untuk proyek tersebut.
b. Sasaran bisnis, fungsi sistem, dan kebutuhan informasi
Dalam merencanakan situs web Anda, Anda harus mengidentifikasi tujuan bisnis yang spesifik untuk situs Anda, dan kemudian mengembangkan daftar fungsi sistem dan kebutuhan informasi. Sasaran bisnis hanya kemampuan Anda ingin situs Anda untuk memiliki. Sistem fungsi adalah jenis kemampuan sistem informasi yang Anda perlukan untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Kebutuhan informasi untuk sistem adalah elemen informasi bahwa sistem harus menghasilkan untuk mencapai tujuan bisnis.
c.   Membangun situs web, di dalam rumah dibandingkan outsourcing
Ada banyak pilihan untuk membangun dan memelihara situs web. Banyak tergantung pada berapa banyak uang yang Anda bersedia untuk menghabiskan. Pilihan berkisar dari outsourcing seluruh web pengembangan situs untuk vendor eksternal untuk membangun segala sesuatunya sendiri (in-house). Anda juga memiliki keputusan kedua untuk membuat, akan Anda meng-host situs pada server perusahaan Anda sendiri atau akan Anda Outsource hosting ke penyedia situs web? Ada beberapa vendor yang akan merancang, membangun, dan host situs Anda, sementara lainnya baik akan membangun atau host (tapi tidak keduanya).

Daftar dan menjelaskan empat tujuan bisnis, empat fungsi sistem, dan empat kebutuhan informasi dari sebuah situs web yang khas perniagaan elektronik
Bisnis Tujuan
Fungsi Sistem
Informasi Kebutuhan
Tampilan barang
Katalog digital
Teks dinamis dan katalog grafis
Memberikan informasi produk
Produk database
Deskripsi produk, nomor kaus, tingkat persediaan
Personalisasi produk
Pelanggan pelacakan di tempat
Log situs untuk setiap kunjungan pelanggan, kemampuan data mining untuk mengidentifikasi jalur pelanggan umum dan tanggapan yang sesuai
Jalankan pembayaran transaksi
Shopping cart / sistem pembayaran
Aman kliring kartu kredit, beberapa pilihan
Kumpulkan informasi pelanggan
Database pelanggan
Nama, alamat, telepon, email untuk semua pelanggan
Menyediakan dukungan pelanggan purna jual
Database Penjualan dan CRM
ID pelanggan, produk, tanggal, pembayaran, tanggal pengiriman
Mengkoordinasikan pemasaran / periklanan
Ad-server, email server, email, dan spanduk manajer
Perilaku situs log prospek dan pelanggan terkait dengan email dan kampanye iklan banner
Memahami efektivitas pemasaran
Pelacakan situs dan sistem pelaporan
Jumlah pengunjung unik, halaman yang dikunjungi, produk yang dibeli, diidentifikasi oleh kampanye pemasaran
Menyediakan produksi dan pemasok Link
Sistem manajemen persediaan
Tingkat produk dan persediaan, pemasok ID dan kontak, data pesanan kuantitas dengan produk

Daftar dan menjelaskan setiap opsi untuk membangun dan hosting situs web perniagaan elektronik
Deskripsi
Benar-benar di rumah
Ada berbagai pilihan. Kecuali Anda cukup terampil, Anda harus menggunakan template pre-built untuk membuat situs web.
Tanggung jawab Campuran
Membangun : Out
Host : Dalam
Tanggung jawab Campuran
Build : Dalam
Host : Out
Benar outsourcing

Sebagian besar perusahaan membayar sebuah perusahaan untuk membangun dan host situs web mereka, yang berarti bahwa perusahaan hosting bertanggung jawab untuk memastikan situs adalah "hidup" atau dapat diakses, 24 jam sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar